Senin, 18 Juli 2011

RPP GEOGRAFI SMAN 1 LALEMBUU

BAB 1. HAKIKAT GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMA N 1 LALEMBUU
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator                                 : -    Menguraikan konsep geografi
-          Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar
-          Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-          Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian geografi
-          Perkembangan ilmu geografi
-          Konsep esensial geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian geografi secara garis besar (hal 3-4).
·         Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari situs di www.yahoo.com,  www.wikipedia.com, www.google.com.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks (hal 3-4).
·         Bersama-sama (guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan pandangan tokoh (hal 3-4).
·         Bersama-sama mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan penerapannya dalam kehidupan (lihat kolom geografi hal 9).
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-          Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi



                                                                                   
NIP. ...…………………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMA N 1 LALEMBUU
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator                                 : -    Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
                                                  -    Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
-          Menjelaskan objek studi geografi
-          Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Ruang lingkup geografi
-          Objek studi geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar (hal 4-6).
·         Penugasan secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.
·         Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?

 

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMA N 1 LALEMBUU
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menjelaskan Pendekatan Geografi
Indikator                                 : -    Menjelaskan metode/pendekatan geografi
-          Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Pendekatan kajian geografi
1.      Pendekatan keruangan (spatial approach)
2.      Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3.      Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar (hal 8).
·         Tanya-jawab mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan, dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer.
·         Secara individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan (Analitika hal 9).
·         Mendiskusikan hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan analisis.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di perkotaan!

Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Sikap terhadap materi pembahasan




Alasan atas sikap terhadap materi pembahasan




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi



                                                                                   
NIP. ...…………………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMA N 1 LALEMBUU
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Menjelaskan Prinsip-prinsip Geografi
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
-          Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
-          Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
-          Mengidentifikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Prinsip-Prinsip Geografi
1.      Prinsip persebaran
2.      Prinsip timbal balik
3.      Prinsip korologi
4.      Prinsip penggambaran

C.    Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar/foto fenomena geosfer
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer.
·         Siswa mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian disampaikan di depan kelas.
·         Mendiskusikan dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan prinsip-prinsip geografi.
·         Guru menarik kesimpulan analisis siswa.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
·         Guru memberi tugas kelompok untuk membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia. Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang prinsip-prinsip geografi




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan mengenai fenomena geosfer




Isi menunjukkan prinsip dan pendekatan geografi




Isi menunjukkan analisis terhadap fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….
                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMA N 1 LALEMBUU
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X(sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menjelaskan Aspek-aspek Geografi
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
-          Menjelaskan perbedaan aspek-aspek geografi
-          Menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan aspek-aspek geografi
-          Mengaplikasikan aspek-aspek geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Aspek-Aspek Geografi
1.      Aspek fisik (alamiah)
2.      Aspek sosial (kehidupan)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar fenomena geosfer
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·         Guru mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5).
·         Tanya jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi (hal 12 – 13).

F.     Penilaian
Penilaian tertulis
-          Soal-soal evaluasi pada akhir bab.
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang aspek-aspek geografi




Kemampuan melakukan analisis terhadap pernyataan




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Tidak ada komentar:

Posting Komentar